Rabu, 09 November 2016

EMPAT TIPE MANUSIA

Tidak ada komentar:
EMPAT TIPE MANUSIA
Sumber: Ar-Risalah

Dalam kehidupan tentunya kita tidak akan luput dari yang namanya masyarakat sosial, karenanya kita dituntut agar dapat memilih dan menentukan teman dalam bergaul. Teman sangat berpengaruh besar dalam menentukan prilaku dan perbuatan kita dimasa depan, berikut bebrapa tipe-tipe manusia yang perlu kita ketahui:
1.      Para ulama adalah tipe makanan bergizi.
Bergaul dengan mereka adalah keuntungan yang nyata, karena kebutuhan kita yang demikian besar kepada mereka. Ibarat makan yang kita butuhkan pagi, siang dan malam, pergaulan dengan mereka mutlak harus kita lakukan. Mereka memahami perintah-perintah dan larangan-larangan-Nya, tipu daya musuh-musuh Allah, penyakit-penyakit hati beserta obatnya, juga keteladanan dalam kesetiaan kepada Allah dan Rasulullah.
2.      Tipe obat adalah tipe yang kita perlukan sekedarnya saat kita sakit.
Jika kita sehat, kita tidak memerlukan untuk bergaul dengan tipe ini. Bukankah obat tidak kita perlukan saat sehat badan? Mereka adalah para profesional dalam urusan muamalat, bisnis dan semacamnya. Kita membutuhkan mereka untuk memperlancar urusan maisyah (mata pencaharian) kita.
3.      Ada tipe penyakit, bergaul dengan mereka berarti mengkonsumsi penyakit.
Setelah kita tertular, seringkali butuh waktu lama untuk menyembuhkannya. Mereka adalah orang-orang yang tidak membawa keuntungan dunia akhirat, namun malah merugikan. Salah satunya atau kedua-duanya.
4.      Ada juga pergaulan yang bisa membinasakan kita secara total. Ini adalah tipe racun.
Tidak ada kebaikan sama sekali bergaul dengan mereka. Para ahli bid'ah, penghalang sunnah, penyeru kesesatan serta dai-dai kemaksiatan termasuk dalam kategori ini. Sebagai hamba yang berakal tentu saja kita wajib menjauhi mereka sekuat tenaga.
Akhirnya, membersihkan hati salah satunya dengan menyelamatkan hati dari racun-racun yang ada.
Semoga kita berhasil. Wallahu Musta'an.

Setelah mengetahui tipe-tipe tersebut hendaknya kita selalu waspada dalam memilah teman karena dampak yang akan di timbulkannya sangat lah besar. Semoga apa yang kita bagiakan dapat bermanfaat dunia dan akhirat, terima kasih jangan lupa like and share ya... ^_^

Tidak ada komentar:

 
back to top